Rabu, 27 Juli 2011

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Mata Pelajaran                         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : VIII/I
Pertemuan Ke-                         : satu dan dua
Alokasi Waktu                         : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                 : Menerapkan hukum qalqalah dan ra
Kompetensi Dasar                    : • Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra
• Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra dalam bacaan
surah-surah Al-Qur’an dengan benar

Indikator                                  : • Mampu menjelaskan pengertian qalqalah dan ra
                                                  • Mampu menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra dalam
membaca Al-Qur’an

Tujuan Pembelajaran           : Mampu menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra dengan benar

Materi Ajar                             : Hukum bacaan qalqalah dan ra

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi


Langkah-Langkah
Pertemuan 1
a. Kegiatan Awal

  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagaiberikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap materi bacaan qalqalah dan
ra, guru melakukan tanya jawab tentang hukum bacaan qalqalah dan ra.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§  Guru menyuruh salah satu siswa yang sudah fasih untuk membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan menunjukkan lafal yang mengandung hukum bacaan qalqalah dan ra. Siswa yang lain mengikutinya
§  Guru menjelaskan tentang hukum bacaan qalqalah dan ra. Para siswa memerhatikan dengan saksama.
§  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar bacaan qalqalah dan ra.
§  Guru mengajak siswa membaca beberapa ayat Al-Qur’an. Kemudian, guru menyuruh semua siswa mencari lafal-lafal yang mengandung hukum bacaan qalqalah dan ra dan menulisnya pada kertas.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan menunjukkan hukum bacaan qalqalah dan ra dari beberapa ayat
Al-Qur’an, secara tidak langsung menuntut adanya kecermatan dan ketelitian.
Dengan demikian, diharapkan setelah mempelajari materi ini, siswa
menjadi lebih teliti dan cermat dalam segala hal.

Pertemuan 2
a. Kegiatan Awal
§  Guru mengulang pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan yang lalu.
§  Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan hukum bacaan qalqalah dan ra.

b. Kegiatan Inti
1)     Eksplorasi
Untuk memantapkan pengetahuan siswa tentang bacaan qalqalah dan ra,
guru meminta para siswa menunjukkan beberapa contoh bacaan tersebut.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§  Guru mengajak siswa untuk membuka Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2 untuk menerapkan bacaan qalqalah dan ra dalam membaca ayat Al-Qur’an.
§  Guru menyuruh siswa secara klasikal membaca ayat-ayat tersebut.
§  Kemudian, guru menunjuk siswa secara individu untuk membaca ayatayat Al-Qur’an yang mengandung bacaan qalqalah dan ra.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra dalam ayat Al-Qur’an,
diharapkan siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru meminta agar para siswa sekali lagi membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung hukum bacaan qalqalah dan ra sebagai penutup materi pembelajaran.
  • Guru memberikan tugas untuk mencari hukum bacaan qalqalah dan ra dalam Al-Qur’an.
  • Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahnya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 1–9
  • Buku Tajwid

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman hukum bacaan qalqalah dan ra (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 6–9)
Tes Perbuatan
Membaca ayat-ayat Al-Qur'an yang mengandung hukum bacaan qalqalah dan ra (Buku Mutiara Islam SMP 2halaman 5–6)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VIII/I
Pertemuan Ke-              : tiga
Alokasi Waktu              : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah swt.
Kompetensi Dasar        : • Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
• Menyebutkan nama kitab-kitab Allah swt. yang diturunkan
kepada para rasul
• Menampilkan sikap mencintai Al-Qur’an sebagai kitab Allah swt.
Indikator                      : • Mampu menjelaskan pengertian iman kepada kitabkitab Allah swt.
• Mampu menyebutkan nama-nama kitab Allah swt. Yang diwahyukan kepada para rasul dan rasul yang menerimanya
• Terbiasa berperilaku yang mencerminkan cinta Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran
Mampu menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah swt. serta memedomaninya
serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Materi Ajar
Iman kepada kitab-kitab Allah swt.

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan, guru melakukan pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§  Guru menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
§  Guru menyuruh beberapa siswa untuk menyebutkan kitab-kitab Allah swt. dan rasul penerimanya, kemudian siswa menyebutkannya.
§  Guru menyuruh salah satu siswa membaca dalil tentang kitab Allah swt. dan rasul penerimanya.
§  Ketika menjelaskan dalil tentang kitab Allah, khususnya kitab Taurat seperti dalam bukuMutiara Islam SMP 2 halaman 13, guru menjelaskan bahwa ayat yang benar berbunyi
§  Guru menjelaskan bahwa kitab Allah swt. yang harus diimani dan diamalkan umat Islam adalah Al-Qur’an.
§  Guru menjelaskan cara mengimani Al-Qur’an.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
§  Dengan mengimani kitab-kitab Allah swt., khususnya Al-Qur’an, diharapkan
§  siswa dapat menerapkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. Akhirnya,
§  siswa terbiasa menunjukkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dengan cara membaca dan mengamalkan ajarannya.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru melakukan post test tentang materi iman kepada kitab-kitab Allah swt.
  • Guru memotivasi siswa agar senantiasa membaca dan mempelajari kitab Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam.

Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahnya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 11–20
  •  Dinul Islam
  • Akidah Islam

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman iman kepada kitab-kitab Allah (BukuMutiara Islam SMP 2 halaman 18–20) Pada soal nomor 3 halaman 18, ayat yang benar berbunyi
Tes Perbuatan
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan iman kepada kitab-kitab Allah swt. dan rasul penerimanya (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 20)
Tes Sikap
Pernyataan sikap keimanan terhadap Al-Qur’an (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 17/Mengasah Kemampuan)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VIII/I
Pertemuan Ke-             : empat
Alokasi Waktu              : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar        : • Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal
• Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal
• Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal
Indikator                      : • Mampu menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal
• Mampu mengidentifikasi perilaku zuhud dan tawakal
• Terbiasa berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran
Mampu berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari

Materi Ajar
Perilaku terpuji

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang sifaf zuhud dan
tawakal, guru melakukan pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§  Guru menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal. Siswa memerhatikan dengan saksama.
§  Guru menyuruh siswa mengidentifikasi perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
§  Guru menyuruh siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku zuhud dan awakal, kemudian siswa menyebutkannya.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari materi zuhud dan tawakal serta penerapannya, diharapkan siswa terbiasa berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan seharihari.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi zuhud dan tawakal sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru menyuruh para siswa menerapkan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.

Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 21–28
  • Etika Islam
  • Akidah Akhlak

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman zuhud dan tawakal (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 26–28)
Tes Perbuatan
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis yang berkaitan dengan zuhud dan tawakal
Tes Sikap
Analisis kasus dalam kehidupan sehari-hari (BukuMutiara Islam SMP 2 halaman
25/Mengasah Kemampuan)





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                         : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : VIII/I
Pertemuan Ke-                          : lima dan enam
Alokasi Waktu                          : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                  : Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar                    : • Menjelaskan pengertian ananiah, gadab, hasad, dan namimah
• Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, gadab, hasad, dan namimah
• Menghindari perilaku ananiah, gadab, hasad, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                  : • Mampu menjelaskan pengertian ananiah, gadab, hasad,
dan namimah
• Mampu mengidentifikasi perilaku ananiah, gadab, hasad,
dan namimah
• Mampu menghindari perilaku ananiah, gadab, hasad,
dan namimah dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran
Memahami perilaku ananiah, gadab, hasad, dan namimah serta mampu menghindarinya
dalam kehidupan sehari-hari

Materi Ajar
Perilaku tercela

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
Pertemuan 5
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Agama Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap materi ajar, guru melakukan
tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian ananiah dan gadab. Siswa memerhatikannya.
§ Guru menyuruh siswa mengidentifikasi perilaku ananiah dan gadab dalam kehidupan sehari-hari.
§ Guru menjelaskan bahaya perilaku ananiah dan gadab.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan memahami pengertian, contoh-contoh, serta akibat dari perilaku
ananiah dan gadab, diharapkan para siswa mampu menghindarinya dalam
kehidupan sehari-hari.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi ananiah dan gadab sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memotivasi siswa untuk menghindari perilaku ananiah dan gadab dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.

Pertemuan 6
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengulang pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan yang lalu.
  • Guru mempersilakan siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu.
b. Kegiatan Inti
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap materi ajar, guru melakukan
tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
  • Guru menjelaskan pengertian hasad, gibah, dan namimah. Siswa memerhatikannya dengan saksama.
  • Guru menyuruh siswa mengidentifikasi perilaku hasad, gibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru menjelaskan bahaya perilaku hasad, gibah, dan namimah.

3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan menjelaskan pengertian dan contoh-contoh, serta akibat dari
perilaku hasad, gibah, da namimah, diharapkan para siswa mampu menghindarinya
dalam kehidupan sehari-hari.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi hasad, gibah, dan namimah sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memotivasi siswa untuk menghindari perilaku hasad, gibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Sumber Belajar
      Al-Qur’an dan terjemahannya
      Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 29–40
      Etika Islam
      Akidah Islam

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman perilaku tercela (ananiah, gadab, hasad, gibah, dan namimah)
(Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 38–39)
Tes Perbuatan
Membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis yang berkaitan dengan perilaku tercela
(ananiah, gadab, hasad, gibah, dan namimah)
Tes Sikap
Analisis kasus dalam kehidupan sehari-hari (BukuMutiara Islam SMP 2 halaman
37/Mengasah Kemampuan)
Lembar Portofolio (halaman 40)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                          : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : VIII/I
Pertemuan Ke-                         : tujuh
Alokasi Waktu                           : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi                 : Mengenal tata cara salat sunah
Kompetensi Dasar                     : • Menjelaskan ketentuan salat sunah rawatib
• Mempraktikkan salat sunah rawatib
Indikator                                   : • Mampu menjelaskan pengertian salat sunah rawatib
• Mampu menjelaskan ketentuan-ketentuan salat sunah rawatib
• Terbiasa mengerjakan salat sunah rawatib

Tujuan Pembelajaran
Mampu memahami dan mempraktikkan salat sunah rawatib dalam kehidupan seharihari
Materi Ajar
Salat sunah rawatib
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  •  Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang salat sunah rawatib, guru
melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian salat sunah rawatib. Siswa memerhatikannya dengan saksama.
§ Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan macam-macam salat sunah rawatib.
§ Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan salat sunah rawatib.
§ Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya terhadap materi yang belum jelas.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari materi tentang salat rawatib, diharapkan siswa terbiasa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi salat sunah rawatib sebagai
  • penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memotivasi siswa untuk melaksanakan salat sunah rawatib dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 41–48
  • Fikih Sunah
  • Fikih Islam

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman tentang salat sunah rawatib (BukuMutiara Islam SMP 2 halaman 45–47)
Tes Perbuatan
  • Membaca dalil naqli tentang salat rawatib
  • Praktik salat sunah rawatib (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 45/Mengasah
  • Kemampuan dan Lembar Portofolio)







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        : VIII/I
Pertemuan Ke-             : delapan
Alokasi Waktu              : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Memahami macam-macam sujud
Kompetensi Dasar        : • Menjelaskan pengertian sujud syukur, sahwi, dan tilawah
• Menjelaskan tata cara sujud syukur, sahwi, dan tilawah
• Mempraktikkan sujud syukur, sahwi, dan tilawah
Indikator                      : • Mampu menjelaskan pengertian sujud syukur, sahwi,dan tilawah
• Mampu menjelaskan tata cara sujud syukur, sahwi, dan tilawah
• Mampu mempraktikkan sujud syukur, sahwi, dan tilawah

Tujuan Pembelajaran
Mampu mempraktikkan sujud syukur, sahwi, dan tilawah

Materi Ajar
Macam-macam sujud

Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang macam-macam sujud, guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pretest.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian sujud syukur, sahwi, dan tilawah. Siswa memerhatikan dengan saksama.
§ Guru menjelaskan tata cara melakukan sujud syukur, sahwi, dan tilawah.
§ Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikkan sujud syukur, sahwi, dan tilawah.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari sujud syukur, sahwi, dan tilawah, diharapkan siswa terbiasa bersyukur atas karunia Allah swt. Selain itu, mereka juga menyadari atas kelemahan dan kekhilafannya.
c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi salat sunah rawatib sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk melakukan sujud syukur, sahwi, dan tilawah sesuai kondisi yang mereka jumpai.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.

Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  •  Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 49–58
  • Fikih Islam

Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman tentang sujud syukur, tilawah, dan sahwi (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 56–57)
Tes Perbuatan
  • Membaca ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang sujud syukur, tilawah, dan sahwi
  • Praktik sujud syukur, tilawah, dan sahwi (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 55/Mengasah Kemampuan)
Tes Sikap
Pernyataan sikap/tindakan (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman Lembar Portofolio)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester             : VIII/I
Pertemuan Ke-             : sembilan dan sepuluh
Alokasi Waktu               : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Memahami tata cara puasa
Kompetensi Dasar        : • Menjelaskan ketentuan puasa wajib
• Mempraktikkan puasa wajib
• Menjelaskan ketentuan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah
• Mempraktikkan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah
Indikator                      : • Mampu menjelaskan pengertian ketentuan puasa wajib
• Mampu menjelaskan ketentuan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah

Tujuan Pembelajaran
Mampu menjelaskan pengertian ketentuan puasa wajib dan sunah
Materi Ajar
Puasa
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, demonstrasi

Langkah-Langkah
Pertemuan 9
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang puasa, guru melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§  Guru menjelaskan pengertian dan ketentuan puasa wajib. Siswa memerhatikannya.
§  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar permasalahan puasa wajib.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk melaksanakan puasa wajib jika tiba waktunya.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari tentang puasa wajib, diharapkan keimanan siswa kepada
Allah swt. makin bertambah.
c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi puasa wajib sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang permasalahan puasa wajib yang belum diketahui.
  • Guru memotivasi siswa untuk melaksanakan puasa wajib.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.

Langkah-Langkah
Pertemuan 10
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengulang pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan yang lalu.
  • Guru mempersilakan siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu.
  • Kemudian, guru melanjutkan pada materi tentang puasa sunah (Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah).
b. Kegiatan Inti
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah, guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian dan ketentuan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah. Siswa memerhatikannya dengan saksama.
§ Guru melakukan tanya jawab dengan siswa seputar permasalahan puasa Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk melaksanakan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah sesuai waktunya.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah, diharapkan
siswa terbiasa melakukannya.

c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memotivasi siswa untuk melaksanakan puasa sunah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 59–72
  • Fikih Islam
  • Fikih Sunah
  • Bulugul Maram
Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman tentang puasa wajib dan puasa sunah (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 70–71)
Tes Perbuatan
Membaca ayat-ayat Al-Qur'an hadis yang berkaitan dengan puasa wajib dan sunah
Tes Sikap
Pernyataan sikap/tindakan (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 72/Lembar Portofolio)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VIII/I
Pertemuan Ke-             : sebelas dan dua belas
Alokasi Waktu              : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Memahami zakat
Kompetensi Dasar        : • Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
• Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
• Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
• Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
Indikator                      : • Mampu menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
• Mampu membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
• Mampu menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
• Mampu mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal

Tujuan Pembelajaran
Mampu menerapkan zakat fitrah dan zakat mal dalam kehidupan sehari-hari

Materi Ajar
Zakat
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
Pertemuan 11
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagai
berikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang zakat, guru melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian dan ketentuan zakat fitrah. Siswa memerhatikannya.
§ Guru menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah.
§ Guru menjelaskan manfaat zakat fitrah.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari tentang zakat fitrah, diharapkan siswa lebih peduli kepada kehidupan fakir miskin.
c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi puasa wajib sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang permasalahan zakat fitrah yang belum diketahui.
  • Guru memotivasi siswa untuk melaksanakan zakat fitrah.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Pertemuan 12
a. Kegiatan Awal
  • Guru mengulang pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan yang lalu.
  • Guru mempersilakan siswa untuk bertanya tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu. Kemudian, guru melanjutkan pada materi tentang zakat mal.
b. Kegiatan Inti
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap zakat mal, guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai materi ajar sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menjelaskan pengertian dan ketentuan zakat mal. Siswa memerhatikannya dengan saksama.
§ Guru menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat mal.
§ Guru menjelaskan manfaat zakat mal.
§ Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal. Kemudian, siswa menyebutkannya.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari zakat mal, diharapkan siswa memahami bahwa di dalam harta yang dimiliki seseorang terdapat hak-hak orang lain. Dengan demikian, sikap kikir dapat dihindari.
c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang materi zakat mal sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memotivasi siswa bersikap dermawan dengan mengeluarkan zakat amal jika sudah memiliki harta mencapai nisab dan haul.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 73–86
  • Fikih Islam
  • Fikih Sunah
  • Bulugul Maram


Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman tentang zakat
(Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 84–85)
Tes Perbuatan
  • Diskusi tentang zakat (Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 83/Mengasah Kemampuan)
  • Mencari data tentang zakat fitrah dan zakat mal di daerah masing-masing (halaman 86/Lembar Portofolio)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran             : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : VIII/I
Pertemuan Ke-             : tiga belas
Alokasi Waktu              : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi     : Memahami sejarah Nabi Muhammad saw.
Kopetensi Dasar           :  • Menceritakan sejarah Nabi Muhammad saw.Dalam membangun  masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
• Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat di Madinah
Indikator                      : • Mampu menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw. Dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
• Mampu meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
dan para sahabat di Madinah
Tujuan Pembelajaran
Mampu menceritakan dan meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para
sahabat di Madinah
Materi Ajar
Sejarah Nabi Muhammad saw.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi

Langkah-Langkah
a. Kegiatan Awal
  • Guru–siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah. Kemudian, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Siswa menyiapkan Al-Qur’an/buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Tadarus selama 5–10 menit seperti dalam buku Mutiara Islam SMP 2.
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan ini, guru dan siswa melakukan tiga macam kegiatan sebagaiberikut.
1)     Eksplorasi
Untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap sejarah Nabi Muhammad saw. dan para sahabat di Madinah, guru melakukan tanya jawab dengansiswa sebagai pre test.
2)     Konsolidasi Pembelajaran
§ Guru menyuruh siswa membuka buku Mutiara Islam SMP 2 pada Bab IX halaman 87–98.
§ Guru menjelaskan secara singkat perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah.
§ Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang usaha Nabi Muhammad saw. membangun masyarakat Madinah melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
3)     Pembentukan Sikap dan Perilaku
Dengan mempelajari perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat di Madinah, diharapkan siswa dapat mengambil teladan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
c. Kegiatan Akhir
  • Guru mengulang secara singkat tentang sejarah Nabi Muhammad saw. Sebagai penekanan dengan cara melakukan post test.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang permasalahan yang belum diketahui.
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam kepada para siswa.
Sumber Belajar
  • Al-Qur’an dan terjemahannya
  • Buku Mutiara Islam SMP 2 halaman 87–98
  • Tarikh
  • Sejarah Kebudayaan Islam


Penilaian
Tes Tertulis
Pemahaman tentang sejarah Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya (Buku
Mutiara Islam SMP 2 halaman 94–95)
Tes Perbuatan/Sikap
  • Membaca ayat-ayat Al-Qur'an atau hadis yang berkaitan dengan sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
  • Melakukan apresiasi terhadap materi dikaitkan dengan kehidupan seharihari (BukuMutiara Islam SMP 2 halaman 93/Mengasah Kemampuan dan halaman 96/Lembar Portofolio)