Rabu, 27 April 2011

RPP SKI Kls VII Sem I RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari Sejarah kebudayaan Islam
Indikator :
- Menyebutkan pengertian Sejarah kebudayaan Islam
- Menunjukkan contoh kebudayaan islam
- Menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan islam
- Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menyebutkan pengertian sejarah kebudayaan Islam
- Siswa dapat menunjukkan contoh kebudayaan Islam
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menyebutkan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
- Siswa dapat Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

B. Materi
- Sejarah kebudayaan Islam
- Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi kelompok, pemberian tugas
2. Model pembelajaran : Kooperatif

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Apakah setiap manusia mempunyai akal ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah Islam

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
4. Guru mengevaluasi hasil belajar

3. Penutup
1. Guru menawarkan kepada siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2. Guru beserta peserta didik menyimpulkan bersama tentang materi pelajaran




Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Apakah setiap manusia mempunyai akal ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah Islam

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
4. Guru mengevaluasi hasil belajar

3. Penutup
1. Guru menawarkan kepada siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2. Guru beserta peserta didik menyimpulkan bersama tentang materi pelajaran

F. Penilaian
1. Teknik penilaian : tes lisan
2. Bentuk instrument : uraian, isian, PG
Soal :
1. Jelaskan pengertian dari sejarah kebudayaan Islam !
2. Kebudayaan islam mencapai puncakya pada masa….
3. Salah satu penyebab mundurnya kerajaan Islam adalah…..
a. Penguasa mulai hidup bermewah-mewah
b. Lahirnya beberapa ahli fiqih
c. Bangkitnya kembali budaya Romawi
d. Makin luasnya wilayah Islam
4. Kebudayaan Islam itu ada setelah……. Ada……
5. Apakah tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam ?



Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Kebudayaan Islam
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi bentuk/ wujud kebudayaan Islam

Indikator :
- Menyebutkan contoh/ bentuk kebudayaan Islam
- Membandingkan bentuk/ wujud kebudayaan Islam dan non Islam

Alokasi Waktu : 2 JP ( 1 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk kebudayaan Islam
- Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk kebudayaan non Islam

B. Materi
- Bentuk/ wujud kebudayaan Islam

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi kelompok, pemberian tugas
2. Model pembelajaran : Kooperatif

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Adakah perbedaan antara budaya barat dengan timur ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah Islam
2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
4. Guru mengevaluasi hasil belajar
3. Penutup
1. Guru menunjuk salah satu kelompok untuk presentasi didepan
2. Guru beserta peserta didik menyimpulkan bersama tentang materi pelajaran

F. Penilaian
Pengamatan yang dilakukan oleh guru pada saat KMB berlangsung


Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat
Indikator :
- Menjelaskan misi Nabi sebagai rahmatan lil 'alamin
- Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad di Makkah
- Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan tugas Nabi sebagai rahmatan lil 'alamin
- Siswa dapat menjelaskan pentingnya ajaran Nabi Muhammad SAW
- Siswa dapat mengamalkan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW
- Siswa dapat memahami pentingnya ajaran Nabi Muhammad bagi kehidupan manusia aik dunia maupun akhirat
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad di Makkah
- Siswa dapat Menjelaskan perjuangan Nabi dalam berdakwah
- Siswa dapat menjelaskan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad di Makkah

B. Materi
- Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi kelompok, pemberian tugas
2. Model pembelajaran : Kooperatif scipt, Pembelajaran langsung

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Siapakah Nabi terakhir ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru membagi siswa untuk berpasangan
4. Guru memberi tugas pada siswa untuk membuat peta konsep tentang misi Nabi

3. Penutup
1. meminta beberapa siswa untuk presentasi di depan
2. Guru mengevaluasi hasil kerja siswa


Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan tentang misi Nabi
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi Nabi Muhammad di Makkah

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan materi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
4. Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang materi

3. Penutup
Guru menunjuk salah satu siswa untuk menjelaskan cara dakwah Nabi di Makkah

F. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : dari hasil kerja siswa
Membuat peta konsep mengenai misi Nabi Muhammad sebagai rahmatan lil 'alamin


Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
Kompetensi Dasar : mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat dikaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
Indikator :
- Menjelaskan hikmah dari misi Nabi sebagai rahmatan lil 'alamin
- Menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad di Makkah
- Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah dengan perkembangan dakwah sekarang
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan hikmah dari misi Nabi sebagai rahmatan lil 'alamin
- Siswa dapat menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di makkah
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan keterkaitan misi Nabi Muhammad dengan perkembangan dakwah sekarang
- Siswa dapat menyebutkan manfaat dari dakwah nabi untuk masa kini dan yang akan datang

B. Materi
- Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil 'alamin

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi
2. Model pembelajaran : Kooperatif, Pembelajaran langsung

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Apakah setiap manusia mempunyai akal ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru menyajikan informasi kepada siswa lewat bahan bacaan
3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
4. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diterima

3. Penutup
1. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa
2. Guru memberikan saran-saran


Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan tentang misi Nabi
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru membimbing kelompok-kelompok
2. Guru memberi materi yang harus didiskusikan (kemajuan masyarakat Islam di Makkah dikaitkan dengan kondisi sekarang )

3. Penutup
1. Guru secara acak meminta salah satu kelompok untuk presentasi dan ditanggapi peserta lain.
2. Guru memberi saran-saran

F. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : hasil diskusi siswa




Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
Kompetensi Dasar : Meneladani perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat makkah
Indikator :
- Menjelaskan keteladanan dari perjuangan Nabi dalam menghadapi masyarakat makkah
- Menjelaskan keteladanan dari perjuangan para sahabat dalam mengadapi masyarakat makkah
- Menjelaskan keterkaitan perjuangan Nabi dengan para sahabatnya
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan keteladanan dari perjuangan Nabi Muhammad
- Siswa dapat mengambil contoh keteladanan Nabi Muhammad SAW
- Siswa dapat menerapkan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan keteladanan dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat makkah
- Siswa dapat mengambil contoh keteladanan para sahabat Nabi
- Siswa dapat menerapkan keteladanan para sahabat Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan Ketiga
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad SAW
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan para sahabat Nabi Muhammad SAW
- Siswa dapat menjelaskan keterkaitan antara perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya

B. Materi
- Kisah perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat makkah

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Pemberian tugas, diskusi
2. Model pembelajaran : Kooperatif

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Bagaimanakah perjuangan Nabi dalam menyebarkan Islam ?
- Apakah Nabi putus asa dalam menyampaikan ajaran Islam ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru menyajikan informasi sekilas kepada siswa tentang materi
2. Guru memberikan tugas pada siswa
3. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas

3. Penutup
1. Guru mengambil salah satu tugas siswa untuk dibacakan didepan
2. Guru memberikan tanggapan atas hasil kerja siswa

Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan kepada siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW

2. Langkah-langkah
1. Guru menyajikan informasi sekilas kepada siswa tentang materi
2. Guru memberikan tugas kepada siswa
3. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas

3. Penutup
1. Guru mengambil salah satu tugas siswa untuk dibacakan didepan.
2. Guru memberi tanggapan atas hasil kerja siswa

Pertemuan Ketiga
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan kepada siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW

2. Langkah-langkah
1. Guru memimbing kelompok-kelompok
2. Guru memberikan materi yang harus didiskusikan (keterkaitan perjuangan Nabi dan para sahabatnya.

3. Penutup
1. Guru secara acak meminta salah satu kelompok untuk presentasi dan ditanggapi oleh peserta lain.
2. Guru memberi saran-saran kepada siswa

G. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : Tugas
1. Menyusun cerita singkat dari perjuangan Nabi dan para sahabatnya dalam menghadapi masyarakat makkah
2. Menyusun cerita singkat dari perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat makkah
3. Berdiskusi tentang keterkaitan perjuangan Nabi dan para sahabatnya.




Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Indikator :
- Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam memangun perekonomian masyarakat Madinah
- Mengidentifikasi cara dakwah Nabi Muhammad SAW dalam memangun perekonomian masyarakat Madinah
- Mengidentifikasi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3 x pertemuan )



A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan perjuangan Nabi Muhammad dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
- Siswa dapat menjelaskan upaya-upaya Nabi dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
- Siswa dapat menjelaskan cobaan-cobaan yang dihadapi Nabi dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan cara dakwah Nabi dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
- Siswa dapat membuat peta konsep tentag dakwah Nabi dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
Pertemuan Ketiga
- Siswa dapat menjelaskan factor-faktor keberhasilan perjuangan Nabi dalam membangun perekonomian masyarakat Madinah
- Siswa dapat menjelaskan kemajuan masyarakat Madinah dalam bidang ekonomi

B. Materi
- Sejarah perjuangan Nabi SAW periode Madinah

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Pemberian tugas, diskusi
2. Model pembelajaran : Kooperatif, pembelajaran langsung

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama

1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Apakah tugas Nabi hanya seputar masalah agama ?
- Apakah Nabi putus asa dalam menyampaikan ajaran Islam ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi di Madinah

2. Langkah-langkah
1. Guru menyajikan informasi sekilas kepada siswa tentang materi
2. Guru memberikan tugas pada siswa
3. Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa

3. Penutup
1. Guru memberikan saran-saran kepada siswa

Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang perjuangan Nabi di Madinah
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Madinah
2. Langkah-langkah
1. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat peta konsep tentang materi
2. Guru meminta beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaan mereka
3. Guru meminta siswa untuk menanggapi hasil presentasi siswa
3. Penutup
1. Guru memberi tanggapan atas hasil kerja siswa

Pertemuan Ketiga
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan kepada siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang sejarah perjuangan Nabi periode Madinah

2. Langkah-langkah
1. Guru memimbing kelompok-kelompok
2. Guru memberikan materi yang harus didiskusikan (keterkaitan perjuangan Nabi dalam membangun masyarakat Madinah )
3. Guru membimbing siswa dalam berdiskusi

3. Penutup
1. Tiap kelompok diminta untuk mengumpulkan hasil diskusi.
2. Guru meminta salah satu kelompok untuk presentasi dan ditanggapi oleh peserta lain
3. Guru memberi saran-saran kepada siswa

G. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : Hasil diskusi siswa.





Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Kompetensi Dasar : mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan dikaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
Indikator :
- Menjelaskan hikmah dari misi Nabi dalam membangun masyarakat Madinah
- Menjelaskan keterkaitan misi dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x pertemuan )


A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan hikmah dari misi Nabi dalam membangun masyarakat Madinah
- Siswa dapat menyebutkan hikmah yang dapat diambil dari misi Nabi Muhammad SAW di dalam membangun masyarakat Madinah
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan keterkaitan misi Nabi Muhammad dengan perkembangan dakwah sekarang
- Siswa dapat menyebutkan manfaat dari dakwah nabi untuk masa kini dan yang akan datang

B. Materi
- Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW membangun masyarakat Madinah

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi
2. Model pembelajaran : Kooperatif, Pembelajaran langsung

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
- Apakah setiap perbuatan manusia ada hikmahnya ?
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
2. Guru membantu siswa dalam pembentukan kelompok diskusi
3. Guru mengamati jalannya diskusi

3. Penutup
1. Guru menunjuk salah satu kelompok untuk presentasi
2. Guru memberikan saran-saran


Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan kepada siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi dakwah Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan sedikit materi berkaitan dengan tugas
2. Guru memberi tugas kepada siswa (mencari keterkaitan misi dakwah Nabi di Madinah dengan perkembangan dakwah sekarang di majalah, Koran, internet dll )

3. Penutup
1. Guru mengevaluasi hasil tugas siswa
2. Guru memberi saran-saran

F. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : hasil diskusi siswa


Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah : V
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ Ganjil
Standart Kompetensi : Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Kompetensi Dasar : Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
Indikator :
- Menjelaskan semangat perjuangan Nabi di Madinah
- Menjelaskan semangat perjuangan para sahabat Nabi di Madinah
- Menunjukkan semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
- Siswa dapat menjelaskan semangat perjuangan Nabi di Madinah
- Siswa dapat menjelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi Nabi dalam berdakwah
- Siswa dapat menjelaskan semangat perjuangan para sahabat di Madinah
- Siswa dapat menjelaskan rintangan-rintangan yang dihadapi para sahabat dalam berdakwah
Pertemuan Kedua
- Siswa dapat menjelaskan semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
- Siswa dapat menunjukkan perbedaan semangat perjuangan pada masa Nabi dan para sahabat

B. Materi
- Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para sahabat

C. Metode/ Model pembelajaran
1. Metode : Diskusi
2. Model pembelajaran : Kooperatif, Pembelajaran langsung

D. Sumber Belajar
1. Buku SKI Depag
2. SKI Tiga Serangkai
3. Sejarah hidup Nabi Muhammad
4. Ensiklopedi Islam

E. Kegiatan Inti
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Secara klasikal guru memberikan pertanyaan kepada siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi Nabi Muhammad
2. Langkah-langkah
1. Guru menyampaikan sedikit materi erkaitan dengan tugas
2. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
3. Penutup
1. Guru meminta salah satu siswa untuk merumuskan materi
2. Guru memberikan saran-saran

Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan
a. Apresiasi dan motifasi
- Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa
b. Prasyarat
- Siswa telah menerima pelajaran tentang misi dakwah Nabi Muhammad

2. Langkah-langkah
1. Guru memberi tugas kepada siswa
2. Guru mengamati siswa dalam mengerjakan tugas

3. Penutup
1. Guru mengevaluasi hasil kerja siswa
2. Guru memberi saran-saran

F. Penilaian
1. Teknik penilaian : Pengamatan pada saat KBM berlangsung
2. Bentuk instrument : Tes Tulis
Soal :
a. Jelaskan semangat perjuangan Nabi selama berdakwah di Madinah !
b. Apakah semangat orang-orang Islam menjadi kendur sepeninggal Nabi ? Jelaskan !
c. Bagaimanakah reaksi orang-orang Madinah pada saat pertama kali Islam datang ?
d. Apakah Nabi berdakwah hanya sebatas masalah agama ?
e. Bagaimanakah peran para sahabat alam meneruskan perjuangan Nabi ?





Mengetahui
Kepala Madrasah




Tuban, ………

Guru Bidang Study

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it