Sekolah : MTs ASSALAM
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ II
Alokasi Waktu :
A. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafa’urrasyidin
B. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafa’urrasyidin
2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafa’urrasyidin untuk masaini dan yang akan datang
3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafa’urrasyidin
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Menceritakan biografi kholifah Abu Bakar as Shiddiq
b. Menyebutkan prestasi yang dicapai oleh kholifah Abu Bakar as Shiddiq
c. Menjelaskan ibrah dari kepemimpinan kholifah Abu Bakar as Shiddiq
2. Pertemuan 2
a. Menceritakan biografi kholifah Umar bin Khattab
b. Menyebutkan prestasi yang dicapai oleh kholifah Umar bin Khattab
c. Menjelaskan ibrah dari kepemimpinan kholifah Umar bin Khattab
D. Materi Pokok Pembelajaran
Khulafa’urrasyidin
E. Model/ Metode pembelajaran
1. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
2. Metode
a. Diskusi kelompok
b. Pemberian tugas
F. Skenario/ Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
- Semua peserta didik harus aktif dalam diskusi
- Semua siswa mencatat hasil diskusi
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Abu Bakar
- Peran kholifah Abu Bakar periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Abu Bakar
2. Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk diskusi tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Abu Bakar
- Peran kholifah Abu Bakar periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Abu Bakar
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik
4. Guru memberi evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Abu Bakar
- Peran kholifah Abu Bakar periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Abu Bakar
2. Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
- Semua peserta didik harus aktif dalam diskusi
- Semua siswa mencatat hasil diskusi
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Umar bin Khattab
- Peran kholifah Umar bin Khattab periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Umar bin Khattab
2. Guru memberikan tugas kepada kelompok untuk diskusi tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Umar bin Khattab
- Peran kholifah Umar bin Khattab periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Umar bin Khattab
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik
4. Guru member evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Umar bin Khattab
- Peran kholifah Umar bin Khattan periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Umar bin Khattab
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang adalah ulangan harian.
G. Sumber Belajar
1. Buku SKI Kls VII
2. LKS
3. Ensiklopedi Islam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan Tuban
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ II
Alokasi Waktu :
A. Standar Kompetensi
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafa’urrasyidin
B. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafa’urrasyidin
2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafa’urrasyidin untuk masaini dan yang akan datang
3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafa’urrasyidin
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 3
d. Menceritakan biografi kholifah Usman bin Affan
e. Menyebutkan prestasi yang dicapai oleh kholifah Usman bin Affan
f. Menjelaskan ibrah dari kepemimpinan kholifah Usman bin Affan
2. Pertemuan 4
d. Menceritakan biografi kholifah Ali bin Abi Thalib
e. Menyebutkan prestasi yang dicapai oleh kholifah Ali bin Abi Thalib
f. Menjelaskan ibrah dari kepemimpinan kholifah Ali bin Abi Thalib
D. Materi Pokok Pembelajaran
Khulafa’urrasyidin
E. Model/ Metode pembelajaran
1. Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe GNT ( Guided Note Taking )
2. Metode
Menyiapkan bagan/ skema untuk membantu peserta didik dalam membuat catatan ketika guru menyampaikan materi.
F. Skenario/ Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan 3
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru menggambarkan bagan/ skema yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pembelajaran yang disampaikan dengan strategi ceramah
- Semua peserta didik harus aktif mendengarkan dan menyimak
- Semua siswa mencatat hasil dari bagan/ skema yang dibuat guru di papan tulis
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran Guiden Note Taking guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Biografi Kholifah Usman bin Affan
- Peran kholifah Usman bin Affan periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Usman bin Affan
2. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencatat tentang :
- Biografi Kholifah Usman bin Affan
- Peran kholifah Usman bin Affan periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Usman bin Affan
3. Guru meminta salah satu peserta didik untuk membaca hasil catatan
4. Guru memberikan klarifikasi terhadap bacaan peserta didik.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Biografi Kholifah Usman bin Affan
- Peran kholifah Usman bin Affan periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Usman bin Affan
2. Pertemuan 4
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru menggambarkan bagan/ skema yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pembelajaran yang disampaikan dengan strategi ceramah
- Semua peserta didik harus aktif mendengarkan dan menyimak
- Semua siswa mencatat hasil dari bagan/ skema yang dibuat guru di papan tulis
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran Guiden Note Taking guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Biografi Kholifah Ali bin Abi Thalib
- Peran kholifah Ali bin Abi Thalib periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Ali bin Abi Thalib
2. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencatat tentang :
- Nama-nama khulafa’urrasyidin
- Biografi Kholifah Ali bin Abi Thalib
- Peran kholifah Ali bin Abi Thalib periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Ali bin Abi Thalib
3. Guru meminta salah satu peserta didik untuk membaca hasil catatan
4. Guru memberikan klarifikasi terhadap bacaan peserta didik.
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Biografi Kholifah Ali bin Abi Thalib
- Peran kholifah Ali bin Abi Thalib periode makkah dan madinah
- Jasa dan peninggalan masa kholifah Ali bin Abi Thalib
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang adalah ulangan harian.
G. Sumber Belajar
1. Buku SKI Kls VII
2. LKS
3. Ensiklopedi Islam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan Tuban
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ II
Alokasi Waktu :
A. Standar Kompetensi
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umayah
B. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah umawiyah
2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam masa Bani Umayah
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 5
a. Menyebutkan asal nama Bani Umayah
b. Menjelaskan factor-faktor lahirnya Bani Umayah
c. Membuat silsilah Bani Umayah
2. Pertemuan 6
a. Menggambarkan peta kekuasaan Islam sebelum dinasti Bani Umayah
b. Menjelaskan usaha-usaha yang dilakukan para kholifah Bani Umayah
c. Menggambarkan peta kekuasaan Islam pada masa dinasti Bani Umayah
D. Materi Pokok Pembelajaran
Proses terbentuknya Dinasti Bani Umayah
E. Model/ Metode pembelajaran
1. Model
Pembelajaran tipeLecture ( ceramah )
2. Metode
a. Menyiapkan makalah untuk siswa kemudian guru menyampaikan materi.
b. Pemberian Tugas
F. Skenario/ Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan 5
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagikan makalah kepada siswa kemudian menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran tipe ceramah
- Semua peserta didik harus aktif mendengarkan dan menyimak
- Semua siswa menggarisbawahi poin-poin yang dianggap sulit untuk ditanyakan
b. Kegiatan Inti
- Melalui pembelajaran tipe lecture guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Asal-usul nama Bani Umayah
- Faktor-faktor lahirnya Bani Umayah
- Membuat silsilah Bani Umayah
1. Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas tentang :
- Asal-usul nama Bani Umayah
- Faktor-faktor lahirnya Bani Umayah
- Membuat silsilah Bani Umayah
2. Guru meminta salah satu peserta didik untuk mendeskripsikan kembali apa yang telah dijelaskan oleh guru
3. Guru memberikan klarifikasi terhadap deskripsi peserta didik.
4. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan kepada semu peserta didik
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Asal-usul nama Bani Umayah
- Faktor-faktor lahirnya Bani Umayah
- Membuat silsilah Bani Umayah
2. Pertemuan 6
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagikan makalah kepada siswa kemudian menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran tipe ceramah
- Semua peserta didik harus aktif mendengarkan dan menyimak
- Semua siswa menggarisbawahi poin-poin yang dianggap sulit untuk ditanyakan
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran tipe lecture guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Peta wilayah kekuasaan Islam sebelum masa Bani Umayah
- Usaha-usaha yang dilakukan leh para kholifah Bani Umayah
- Peta wilayah kekuasaan Islam pada masa Bani Umayah
2. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencatat tentang :
- Peta wilayah kekuasaan Islam sebelum masa Bani Umayah
- Usaha-usaha yang dilakukan leh para kholifah Bani Umayah
- Peta wilayah kekuasaan Islam pada masa Bani Umayah
3. Guru meminta salah satu peserta didik untuk mendeskripsikan kembali apa yang telah dijelaskan oleh guru
4. Guru memberikan klarifikasi terhadap deskripsi peserta didik.
5. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan lisan kepada semu peserta didik
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Peta wilayah kekuasaan Islam sebelum masa Bani Umayah
- Usaha-usaha yang dilakukan leh para kholifah Bani Umayah
- Peta wilayah kekuasaan Islam pada masa Bani Umayah
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang adalah ulangan harian.
G. Sumber Belajar
1. Buku SKI Kls VII
2. LKS
3. Ensiklopedi Islam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan Tuban
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ II
Alokasi Waktu :
A. Standar Kompetensi
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umayah
B. Kompetensi Dasar
3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umyah untuk masa kini dan yang akan dating.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 7
a. Menyebutkan ulama’-ulama’ termasyhur pada masa Bani Umayah
b. Menyebutkan hasil karya tulis ulama’-ulamu’ pada masa Bani Umayah
c. Menyebutkan peran ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
2. Pertemuan 8
a. Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
b. Menyebutkan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
D. Materi Pokok Pembelajaran
Proses terbentuknya Dinasti Bani Umayah
E. Model/ Metode pembelajaran
1. Model
Pembelajaran model JIQSAW ( Jiqsaw Learning )
2. Metode
a. Diskusi Kelompok
b. Pemberian Tugas
F. Skenario/ Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan 7
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi materi menjadi beberapa segmen
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda-beda
- Setiap kelompok mengirimkan wakilnya kekelompok lain untuk menyampaikan apa yang mereka pelajari dikelompoknya masing-masing
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran tipe jiqsaw guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Menyebutkan ulama’-ulama’ termasyhur pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan hasil karya tulis ulama’-ulamu’ pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan peran ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
2. Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas tentang :
- Menyebutkan ulama’-ulama’ termasyhur pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan hasil karya tulis ulama’-ulamu’ pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan peran ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik.
4. Guru member evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Menyebutkan ulama’-ulama’ termasyhur pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan hasil karya tulis ulama’-ulamu’ pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan peran ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
2. Pertemuan 8
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi materi menjadi beberapa segmen
- Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda-beda
- Setiap kelompok mengirimkan wakilnya kekelompok lain untuk menyampaikan apa yang mereka pelajari dikelompoknya masing-masing
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran tipe jiqsaw guru menyajikan materi pelajaran tentang :
- Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
2. Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas tentang :
- Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik.
4. Guru member evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
- Menyebutkan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Bani Umayah
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang adalah ulangan harian.
G. Sumber Belajar
1. Buku SKI Kls VII
2. LKS
3. Ensiklopedi Islam
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan Tuban
Mata Pelajaran : SKI
Kelas/ Semester : VII/ II
Alokasi Waktu :
A. Standar Kompetensi
2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umayah
B. Kompetensi Dasar
5. Meneladani kesederhanaan dan keshalihan Umar bin Abdul Aziz
C. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan 9
a. Menceritakan Biografi Kholifah Umar bin Abdul Aziz
b. Menjelaskan usaha-usaha Kholifah Umar bin Abdul Aziz
2. Pertemuan 10
a. Menyebutkan jasa-jasa peninggalan Kholifah Umar bin Abdul Aziz
b. Meneladani kesederhanaan kholifah Umar bin Abdul Aziz
D. Materi Pokok Pembelajaran
Biografi Umar bin Abdul Aziz
E. Model/ Metode pembelajaran
1. Model
Group Resume ( resume kelompok )
2. Metode
a. Membentuk kelompok siswa
b. Pemberian Tugas
F. Skenario/ Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan 9
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Guru membagikan garis-garis besar yang akan diresume oleh peserta didik
- Semua peserta didik mencatat hasil resume kelompok
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran tipe Group Resume menyajikan materi pelajaran tentang :
- Biografi Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Usaha-usaha Kholifah Umar bin Abdul Aziz
2. Guru memberikan tugas kelompok untuk meresum materi tentang :
- Biografi Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Usaha-usaha Kholifah Umar bin Abdul Aziz
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik.
4. Guru member evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Biografi Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Usaha-usaha Kholifah Umar bin Abdul Aziz
2. Pertemuan 10
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Motivasi dan Apresepsi
2. Pra Pemberian Tugas
- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Guru membagikan garis-garis besar yang akan diresume oleh peserta didik
- Semua peserta didik mencatat hasil resume kelompok
b. Kegiatan Inti
1. Melalui pembelajaran tipe Group Resume menyajikan materi pelajaran tentang :
- Jasa-jasa Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Meneladani kesederhanaan kholifah Umar bin Abdul Aziz
2. Guru memberikan tugas kelompok untuk meresum materi tentang :
- Jasa-jasa Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Meneladani kesederhanaan kholifah Umar bin Abdul Aziz
3. Guru memberikan kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik.
4. Guru member evaluasi atas jawaban setiap kelompok dan mengumumkan hasil jumlah skor yang diperoleh.
5. Guru memberikan pengakuan atau penghargaan ( reward)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru menawarkan siswa apakah ada materi pelajaran yang masih kurang jelas
2. Guru bersama peserta didik menyimpulkan bersama tentang :
- Jasa-jasa Kholifah Umar bin Abdul Aziz
- Meneladani kesederhanaan kholifah Umar bin Abdul Aziz
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang adalah ulangan harian.
G. Sumber Belajar
1. Buku SKI Kls VII
2. LKS
3. Ensiklopedi Islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar